Posted by : Cahya Changcut Jumat, 17 Mei 2013

MBR (Master Boot Record) Virus

Baru-baru ini terdengar laporan mengenai penyebaran virus dengan nama MBR (Master Boot Record) yang bisa mengambil alih akun (ID dan password) di computer yang terinfeksi oleh virus ini.
Virus MBR ini dapat menginfeksi computer lewat Web Surfing, menggunakan atau mengunduh program Cheat, dan cara lain yang belum bisa teridentifikasi.

MBR merupakan bagian dari hardisk yang memuat informasi bagaimana hardisk tersebut di jalankan oleh motherboard. MBR ini tidak akn muncul sebagai disk, tetapi merupakan sebuah sistem..
Apa jadinya ketika virus tersebut menyerang MBR? sudah terjadi beberapa kasus ketika mereka yang mempunyai antivirus yang selalu ter-update, antivirus mendetek virus DEFO, dan sealu muncul tulisan kurang lebih "detected virus DEFO in MBR, unable to clean". Apapun jadinya,kebanyakan antivirus tidak bisa menghapus virus tersebut. Adapun efek yang dirasakan menurut sebagian teman-teman yang posting adalah tidak berbahaya, tetapi ada juga yang berbahaya hingga dapat merusak fisik. Berdasarkan pengalaman saya...(ana sudah terkena virus tersebut), efek yang selalu muncul adalah komputer selau merestart setiap puluhan menit tertentu, mungkin efek parahnya akan membuat hardisk jadi ga bisa di pakai.
Lalu bagaimana dengan penyelamatannya sementara virus tersebut tidak bisa kehapus sama antivirus. berdasarkan posting teman-teman yang lain, penyelamatanya adalah dengan melakukan FDisk dengan menggunakan bios di drive A, atau seperti ini "disket boot, kemudian jalankan perintah FDISK:A:>fdisk /mbr ENTER Kemudian keluarkan disket dari floppy disk, dan tekan tombol reset pada komputer" atau di situs trend micro antivirus pun menyediakan solusinya. 
Bisa juga dengan pake CD Windowsx XP yang bootable jika kamu pake windows XP.. terus pilih boot pake CD kayak mw ngisntall, selanjutnya pilih repair console dan tuliskan "FIXMBR \", hati-hati sebelum melakukan ini disarankan membackup data, khawatir hilang.
Bisa juga menggunakan antivirus dari microsoft, karena pihak Microsoft telah memberikan vaksin dari virus ini untuk mencegah pengambilan alih akun (ID Hacking) kamu.

Sekian dan Terima Kasih :)

 

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

Tweet

- Copyright © Cahya Changcut -Cahya Changcut- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -